Kalau Ada Yang Luar Biasa, Untuk Apa Baca Yang Biasa

Senin, 13 Juli 2015

6 Cara Cerdas Menghemat Quota Internet di Smartphone Anda

Sudah rahasia umum saat ini, dimana lebih banyak orang menggunakan smartphone mereka untuk mengakses Internet untuk kepentingan browshing ataupun layayan jejaring sosial. Dibalik itu, harga paket internet yang masih dapat di kategorikan mahal di Indonesia saat ini secara tak langsung memaksa setiap pengguna smartphone memilih paket quota bulanan agar dapat menggunakan layanan internet. Itu juga bukan tanpa alasan, karena secara kualitas layanan paket internet kuota memang lebih baik daripada menggunakan layanan internet unlimited.
Pengalaman beberapa orang yang menggunakan smartphone sering mengeluhkan "Quota Internet Boros" sering dialami tanpa sengaja. Hal tersebut bisa jadi karena pengguna terlalu "asyik" mengakses internet hingga menjadi lupa berapa besar paket data yang telah digunakan. Sebenarnya, ada cara yang sangat cerdas untuk menginisiasi internet yang super duper boros tersebut. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Wifi Umum

Saat nongkrong di daerah yang terkoneksi dengan wifi, langkah cerdas yang pertama adalah menggunakan jaringan tersebut. Tentu saja akan ampuh menghemat quota internet anda.

2. Gunakan Opera Mini atau UC Browsher

Menggunakan Operamini atau UC Browser terbukti menghemat quota internet anda, pasalnya ketika anda melakukan reload atau membuka halaman sebelumnya tidak lagi dikenakan paket data. Berbeda halnya dengan browsher bawaan smartphone.

3. Matikan Fitur Auto Update/Update Only di Wifi

Kadang dalam kondisi tak cermat, beberapa aplikasi yang terdapat di dalam smartphone melakukan update otomatis menggunakan quota paket data yang tersedia. Pastikan anda teliti akan hal ini untuk menghemat quota internet yang anda miliki.

4. Hapus Kontak BBM yang Sering Broadcast Tidak Penting

Selain mengganggu dan membuat kinerja smartphone anda melambat, broadcast yang bertubi tubi terbukti menjadi penyebab borosnya penggunakan paket data anda.

5. Hindari Streaming Youtube Terlalu Sering

Ketika menggunakan paket data, pastikan anda dapat mengontrol diri untuk mengakses situs youtube dan video streaming lainya, karena quota internet anda akan sangat deras sekali diserap.

6. Matikan Notifikasi Sosial Media yang Tidak Penting

Pemberitahuan secara realtime memang terkadang memanjakan pengguna smartphone karena terus terhubung dan menerima informasi. Pastikan anda mencerdasi beberapa pemberitahuan tidak penting, menonaktifkan notifikasi tersebut adalah langkah yang cerdas menghindari pemborosan quota.

Semoga dengan menerapkan 6 cara cerdas diatas, quota internet anda akan lebih hemat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Cerdas Menghemat Quota Internet di Smartphone Anda

0 komentar:

Posting Komentar