Kalau Ada Yang Luar Biasa, Untuk Apa Baca Yang Biasa

Senin, 13 Juli 2015

5 Destinasi Wisata Pilihan Untuk Kamu Yang Ingin ke Aceh

Boombastis | Aceh adalah satu dari provinsi di Indonesia yang terletak di ujung pulau sumatera. Aceh yang dikenal dengan sebutan Bumi Serambi Mekkah karena penerapan Syariat Islam didalamnya juga dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki situs wisata yang kaya. Lantas ada apa yang layak dikunjungi di Aceh?

1. Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid yang terletak di Kota Banda Aceh ini adalah salah satu Destinasi Wisata Religi yang layak untuk anda kunjungi.  Mesjid yang merupakan saksi bisu sejarah Aceh dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh.
Mesjid Raya Baiturrahman, Simbol Kebanggaan Masyarakat Aceh
Mesjid yang dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636) ini menjadi simbol religius, keberanian dan nasionalisme rakyat aceh sekaligus menjadi pusat Pendidikan Ilmu Agama di Nusantara. Mesjid ini merupakan salah satu Mesjid yang terindah di Indonesia yang memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk. Ruangan dalam berlantai marmer buatan Italia, luasnya mencapai 4.760 m2 dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan Mesjid. Mesjid ini dapat menampung hingga 9.000 jama‘ah. Di halaman depan masjid terdapat sebuah kolam besar, rerumputan yang tertata rapi dengan tanaman hias dan pohon kelapa yang tumbuh.

2. Danau Laut Tawar

Siapa yang tak terlena dengan angin sejuk yang ada Danau Laut Tawar, sebuah danau cantik yang berada di Dataran Tinggi Gayo yang kita kenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi arabika terbaik di Dunia.
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar Nan Indah di Kelilingi Pegunungan Nan Hijau
Suku Gayo menyebutnya dengan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter). Ada 25 aliran krueng yang bermuara ke Danau Laut Tawar dengan total debit air kira-kira 10.043 liter per detik. Rerata kedalaman danau: 35 meter dari pinggir danau: 8,9 meter. 100 meter dari pinggir danau: 19,27 meter. 620 meter dari pinggir danau: 51,13 meter. Rerata suhu air danau diukur berdasarkan kedalaman: 1 meter: 21,55 °C 5 meter: 21,37 °C 10 meter: 21,15 °C 20 meter: 20,70 °C 50 meter: 19,35 °C Kecerahan tertinggi 2,92 meter (di tengah danau), sedangkan yang terendah 1,29 meter (Kp. Kuala II). Semakin tinggi kecerahan, maka semakin jernih air.

3. Pantai Iboih  

Siapa yang tak kenal sabang, daerah paling Barat Indonesia. Tempat Tugu KM Nol Indonesia berada. Selain menyimpan sejarah yang dikenang, kota sabang juga dikenal memiliki pantai nan indah.  
Pantai Iboih Sabang
Pantai Iboih Sabang
Pantai Iboih merupakan pantai yang cantik, dikenal sebagai tempang diving dikarenanakan warna air yang sangat cantik, anda dapat menemukan banyak dive site yang bagus di pantai ini. Beberapa dive site yang terkenal misalnya daerah batu tokong, pulau rubiah, sea garden dan lain sebagainya. Kini kabar gembiranya, anda dapat lebih mudah mencapai sabang karena telah jalur udara oleh salah satu maskapai penerbangan ternama di Indonesia. 

4. Museum Tsunami

Jalan jalan ke Aceh tak lengkap rasanya kalau belum ke Museum Tsunami Aceh. Sebuah Museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Samudra Hindia 2004 sekaligus pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi.
Museum Tsunami Aceh, Museum Bencana Bersejarah
Museum yang dirancang oleh Ridwan Kamil tersebut merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi — untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami. Dinding museum dihiasi gambar orang-orang menari Saman, sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius Aceh. Dari atas, atapnya membentuk gelombang laut. Lantai dasarnya dirancang mirip rumah panggung tradisional Aceh yang selamat dari terjangan tsunami. Bangunan ini memperingati para korban, yang namanya dicantumkan di dinding salah satu ruang terdalam museum, dan warga masyarakat yang selamat dari bencana ini.

5. Pantan Terong

Kembali ke Dataran Tinggi Gayo, namun kita beranjak ke tempat yang lebih tinggi dimana kita bisa melihat seluruh Kota Takengon yang ditutupi awan pagi hari dari daerah ini, Pantan Terong namanya, tempat dimana kita bisa menyaksikan Takengon sebagai Negeri diatas Awan. 

Nikmati Suasana Kayangan dari Pantan Terong
Dari objek wisata alam yang satu ini memang berada pada ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut. Pantan Terong terletak di kecamatan Bebesan, tepatnya 7.5 km arah barat kota Takengon. Dari tempat ini selain tampak ibu kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan, juga lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing, bandar udara Rembele di Simpang Tiga Redelong, dengan diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok.



Sudah tau tentang 5 Destinasi Wisata Pilihan Untuk Kamu Yang Ingin ke Aceh. Lalu kapan rencana kunjunganya?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Destinasi Wisata Pilihan Untuk Kamu Yang Ingin ke Aceh

1 komentar:

  1. wah boleh juga nih.. menambah list wajib untuk jalan2 ke aceh

    BalasHapus